Laman

Minggu, 26 Oktober 2014

Investasi saham untuk pemula

Investasi saham adalah salah satu kegiatan membeli aset dan disimpan dalam jangka panjang dan berharap aset tersebut bisa naik beberapa kali lipat dimasa depan. aset tersebut berupa surat berharga suatu perusahaan yang menunjukan kepemilikan dari perusahaan. dengan membeli saham anda tidak hanya akan mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga saham tetapi juga akan mendapatkan bagi hasil keuntungan yang akan anda terima tiap tahun. Jika anda membeli perusahaan yang memiliki pertumbuhan yang bagus, yang mampu menghasilkan laba bersih setiap tahunnya maka potensi keuntungan anda akan sangat luar biasa. Saham adalah satu jenis investasi yang yang menjanjikan return yang lebih tinggi dibandingkan dengan investasi properti, obligasi atau deposito. namun resiko investasi saham juga sama besarnya dengan potensi keuntungannya. Banyak orang yang takut berinvestasi saham karena menganggap saham adalah sebuah judi yang hanya bisa dilakukan oleh orang-orang pintar saja. Menurut saya itu adalah salah satu pendapat yang salah besar. Karena investasi saham bisa dilakukan oleh siapa saja. Investasi saham tidak mengharus anda pintar. Yang terpenting adalah kemampuan dalam mengendalikan emosi adalah poin penting dalam investasi saham. Misal anda berniat membeli saham kalbe farma tapi anda tidak tahu apakah saham kalbefarma saham bagus atau bukan, anda bisa meminta bantuan orang yang ahli atau analis saham untuk membantu anda memberikan analisa saham KLBF. Sekarang banyak orang pintar dan ahli jadi manfaatkan saran mereka.

Dalam investasi saham yang terpenting adalah membeli saham yang tepat pada waktu yang tepat. Waktu terbaik membeli saham adalah saat market sedang crash atau krisis. Karena akan banyak saham-saham punya fundamental bagus diobral harganya. sehingga anda bisa membeli saham-saham yang punya fundamental bagus pada harga murah, kemudian menjual lagi saat harga saham kembali keharga normal.
Banyak orang kaya tercipta dari sebuah krisis. Dalam investasi saham juga tidak harus memantau pergerakan harga saham harian seperti mitos yang ada dimasyarakat kalau investasi saham harus rajin-rajin memantau pergerakan harga saham. Hal tersebut salah besar, Cara sukses investasi saham malah sebaliknya jangan terlalu sering melihat pergerakan market. Karena orientasi dalam investasi saham adalah jangka panjang jadi abaikan pergerakan saham harian. Kemudian rajin-rajin melakukan analisa dan belajar. Apabila anda menerapkan tips-tips investasi saham seperti yang saya tulis diatas maka kesuksesan anda sudah berada didepan mata.

Cara memulai investasi saham
  1. Buka account RDI (rekening dana investor) disekuritas
  2. Pilih sekuritas yang memberikan fee jual atau fee beli yang murah
  3. Pilih sekuritas yang memiliki broker dan fasilitas online trading yang canggih
  4. Belajar dan banyak membaca buku tentang investasi atau trading saham.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar